PROF. KH. QURAISY SYIHAB; ULAMA ALTERNATIF



Beliau tokoh Tafsir Indonesia, tidak seperti ulama lain; beliau memiliki identitas sebagai pakar tafsir. Ini menjadi beda, di mana kebanyakan ulama Indonesia menyandang titel ‘ulama fikih’. Tampak pada pemikiran beliau yang luas, seluas Al-Quran, dalam berfikir beliau tampak berada di tengah padang luas tak berbatas. Sedang ulama lain berfikir di dalam ‘penjara-penjara mazhab’. 
Nilai lebih dari sosok bedarah Sulawesi Selatan ini, adalah ketika beliau menyampaikan gagasan-gagasannya atas ayat-ayat suci, baik dalam tulisan maupun dalam kutbahnya, beliau mampu menyampaikan nilai-nilai Al-Quran dengan sangat santun, bahasa yang ramah, dan teratur. Lebih dari itu beliau pandai meramu sejarah-hadis-fikih dipadukan dengan ayat-ayat yang beliau ketengahkan. 



Di rak buku saya ada 5 buku karya Pak Quraisy; 
1. MEMBUMIKAN AL-QURAN (fungsi dan peran wahy dalam kehidupan masyarakat). Karya ini berisikan A. Gagasan Al-Quran, yang mengupas sejarah tafsir dan perkembangannya. B. Amalan Al-Quarn, yang mengetengahkan fungsi agama, ibadah bagi kehidupan masyarakat. C. Islam dan peran Ulama. 

2. MUKJIZAT AL-QURAN (ditinjau dari aspek kebahasaan, isyarat ilmiyah dan pemberitaan ghaib). 

3. LENTRA AL-QURAN (kisah dan hikmah kehidupan). Buku ini yang paling sering saya baca, bahkan berlang-ulang dan banyak memberi saya inspirasi. Buku ini juga dianggap kontroversi oleh para ‘kiai mazhab’ tepatnya pada ulasan “Ucapan Selamat Natal”. Dalam buku ini beliau mencoba meluruskan kan pemahaman “Makna kembali kepada Al-Quran dan Sunnah” yang sering disalah tafsirkan oleh Wahabi. 

 4. WAWASAN ALQURAN (tafsir tematik atas plbagai persoalan umat.) berisi, seputar panduan kehidupan sehari-hari orang muslim, dari pribadi, keluarga, maysrakat, ekonomi, politik, ilmu tekhnologi, dll. Buku ini juga banyak menuai protes dari ‘kiai mazhab’ dalam ulasan beliau seputar “Pakaian” tepatnya pada pembahasan aurat perempuan dan jilbab.

5. SECERCAH CAHAYA ILAHI (hidup bersama Al-Quran). 

Semuanya terbitan Mizan, Ujungberung Bandung.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »