NGAJI LITERASI



(di SMA Nur Lintang)
Pada pukul 13.40 (21-11-2016), kami, penggiat literasi komunitas Rumah Pena Kita, tiba di SMA Nur Lintang, Ponpes Karangsantri, Bandung Gede, Kedu, Temanggung. Barisan rapi pohon ketela menyambut kami sebelum memasuki gerbang sekolah. Beberapa santriwati yang berpinggang kecil karena belum diwati, menerima kami dengan segenap keramahan. Sementara, nun di barat daya sana, Sumbing yang mencocok mega, seolah ingin sekali menggagahi kami yang berada di kakinya. Dan matahari, jemawa memenangi pagelaran siang. Selanjutnya, kami diterima langsung oleh muasis Nur Lintang; KH. Roel Yaqien dalam suasana sejuk. Sesejuk wajahnya yang dirimbuni bulu cambang.
Pukul 14.30, Ngaji Literasi dimulai. Molor tigapuluh menit dari rencana. Dan itu biasa. Acara diikuti sekitar 30 peserta. Terdiri dari anak-anak Rumah Pena Kita, siswi dan guru beberapa sekolah setempat, serta mahasiswa Stainu Temanggung. Kaum hawa medominasi acara itu. Sementara peserta pria, hanya sepertiganya, dan memilih duduk di bangku belakang. Dan itu adalah siasat umum mereka. Sebab jika duduk di depan mereka tidak punya banyak alasan menoleh ke belakang. Untuk itu, mereka memilih duduk di belakang, karena meski hanya melihat punggung, tapi kan lumayan.
Beruntung saya bukanlah bagian dari para lelaki naas yang duduk di belakang itu. Saya menjadi moderator, berdiri di depan dengan kemerdekaan penuh menebar pandang ke segala penjuru. Bahkan dengan leluasa mendaratkan tatap ke setiap hidung pesek khas makhluk Sumbing milik mereka.
Pak Abdullah Faqih Dewantoro, Pimred Buletin Kontinu, saya panggil untuk memberi sambutan sebelum ngaji dimulai. Dengan suara wibawanya, beliau menandaskan bahwa Ngaji Literasi ini adalah bagian dari kelanjutan kegiatan literasi Komunitas Rumah Pena Kita yang bermarkas di Studio Santika FM. Serta sebagai sarana pembelajaran kepenulisan anak-anak redaksi Kontinu. Harapan beliau, Ngaji Literasi bisa diadakan bukan hanya sekali. Karena literasi mencakup banyak materi.
Gus Faiz Syauqy, yang seorang S.I.Kom lulusan UII, duduk menghadap laptop dan dengan cakap mengoperatori slide per slide materi. Meski, siang itu, wajahnya tampak kurang bergairah lantaran hari pernikahannya semakin dekat, sedang gajinya bulan ini belum cukup untuk menebus seperangkat alat salat.


Pak Andy Yoes Nugroho, adalah pemateri di acara itu. Setelah saya panggil, beliau duduk di depan didampingi Rakib di samping kanannya dan Atit di samping kirinya, yang tengah sibuk menDATA amalnya (yang kebanyakan buruk), guna menyusun INFORMASI dan PENGETAHUAN sebagai penentu KEBIJAKAN Ilahi di yaumilhisab nanti.
Salah satu materinya, tidaklah jauh berbeda dengan metodologi hirarki literasi yang digunakan Rakib-Atit dalam mencatati amalnya. Yaitu bahwa unsur terpenting dalam penyusunan sebuah literasi adalah: DATA (kumpulan fakta), INFORMASI (data yang terinterpretasi), PENGETAHUAN (paduan pengertian dari informasi), dan KEBIJAKAN (pemecahan masalah).
Contohnya begini: seorang dokter membutuhkan data, informasi, dan pengetahuan, agar ia bisa menentukan sebuah kebijakan untuk pasiennya. Sebagai tamsil, seorang pasien didata sebagai berikut:
1. Nama (sebut saja) Ja'far Aula Temanggung Agen
2. Usia 40 tahun
3. Merasakan sakit di perut bagian bawah dan selangkangan
4. Status duda
Dari data itu, seorang dokter mampu mendapatkan informasi bahwa Jakfar, karena lama menduda, mengalami pengendapan sperma oleh sebab ejakulasi yang tidak teratur dan tidak rutin. Lalu, dari informasi itu, dokter mendapat pengetahuan bahwa Jakfar pengalami penyumbatan prostat. Kemudian dokter memberi kebijakan agar Jakfar menikah lagi sebagai pemecah masalah.
Nah, seperti itulah susunan pengetahuan yang terpenuhi dalam sebuah literasi. Acara saya tutup pukul 16.00, dan setelah shalat, kami pulang begitu saja MENINGGALKAN sampah snack dan puntung rokok di ruang ngaji, karena hadis Nabi: “Sebagian dari kebaikan islamnya seseorang, adalah MENINGGALKAN perkara yang tidak bermanfaat.”
Sekian. Sampai berjumpa lagi di Ngaji Literasi selanjutnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »